Aries itu . . .

Aries, Salam hormat!

 Kau adalah tanda pertama dalam semesta perbintangan. Dan demikian pula kau ditakdirkan: menjadi pelopor.

Bersuka citalah karena berbagai karakter hebat melekat padamu. Kau berjiwa bebas, inisiatif dan pemberani , membawamu menjelajah hal-hal baru, dunia baru….penjelajah the unknown zone!

Keberanian, keyakinan dan tekad membuatmu bersinar terang dan tidak pernah dinilai setengah.

Uhui…

 Jiwa Aries: Api, Ram dan Mars

Kemunculan konstelasi Aries adalah terlihat seketika saat vernal equinox.

Hm..vernal equinox.

Ini adalah saat matahari melintas katulistiwa, membelah bumi dalam dua belahan yang sama. Berarti ada dua kali equinox dalam setahun, yaitu saat matahari melintas dari belahan utara menuju selatan, dan sebaliknya. Saat matahari bergerak menuju utara merupakan tanda di mulainya musim semi. Ini terjadi pada setiap tanggal 21 Maret. Bersamaan itu dimulailah perjalanan Ram…

Aries dilambangkan oleh Ram yang mandiri dan menyadari betul apa yang menjadi passion-nya, yang membantunya mewujudkan akan sesuatu hal untuk terjadi.

Warna Ram adalah merah cerah, yang menandakan nafas api di dalamnya.

Aries dijiwai oleh Mars, sang Dewa Perang yang tentu saja tidak takut atau mengelak dari medan pertempuran.

Elemen yang berhubungan dengan Aries adalah Api. Api menjelma pikirkan, tindakan, antusiasme dan keinginan membara untuk bermain dan berkarya.

Ada api.

Ada Ram.

Ada Mars…..

Jadilah energy, antusiasme dan vitalitas

Jadilah kemandirian

Jadilah keberanian dan agresivitas dan dinamisme

Jadilah kekuatan

Jaka menjadilah ARIES!

Dengan limpahan dan dinamika element-element yang menjiwainya, menjadilah Aries sebagai sosok pelopor dan pecinta kebebasan yang mandiri dan cekatan. Sosok yang  membuat sesuatu…. terjadi!

Aha!

Kekuatan Aries

Kekuatan alami Aries berada dalam karakter-karakter berkualitasnya, yang dari kekuatan alaminya tersebut, Aries dapat melampaui kesepakatan-kesepakatan besar. Kemampuan Aries untuk bersaing dan menang ini berasal dari kualitas Kardinal nya yang menginginkan sesuatu untuk ‘terjadi’ dan terlaksana.

Yuk kita tengok beberapa karakter berkualitas itu….?

Yang Pertama. Aries adalah zodiac yang terlihat paling pertama. Demikian pulalah orang2 yang lahir dalam perlambang ini melihat dirinya: sebagai yang pertama. Mereka adalah adalah orang jajaran pertama untuk mewujudkan sesuatu. Dengan gebrakan awal dan magnet kepemimpinan yang mengesankan, mereka mampu mengerahkan pasukan, melawan rintangan yang tampaknya tak teratasi.

Inisiatif. Aries bisa datang dengan ide-ide cemerlang. Ia memiliki pengertian dan naluri yang tajam mengenai apa yang harus dilakukan. Orang-orang Aries ingin sesuatu terjadi dan ia punya tekad yang besar untuk mewujudkan passion nya.

Dan ‘membuat sesuatu terjadi’ ini merupakan cerminan orang Aries. Inisiatif, tekad dan keberanian merupakan bagian dari kekuatan Aries, dan dan untuk mewujudkan impiannya ia menunjukkan kebebasan berekspresi dalam segala hal.

Energy dan dinamisme. Aries adalah lingkaran energy dan dinamisme. Ia tidak kekurangan energi atau vitalitas.Dinamisme dan semangat bertanding mendukung tekad mereka.

Ia tidak akan duduk diam pasif berlama-lama. Ia akan melompat dalam hiruk-pikuk dunia, dan berkontribusi dengan kekuatan penuh dalam proses dan mereka bisa tinggal dalam permainan lebih lama. Mereka dapat mengumpulkan kekuatan batin yang diperlukan untuk menang.

Cepat. Aries tidak suka penundaan dan membenci kemalasan. Ia menerima semua pengalaman sebagai tantangan, sesuatu yang harus dijalani dengan gairah dan kegembiraan.

Kadangkala keputusan yang mereka ambil terlihat (dan terbukti) terburu-buru dan gegabah, akan tetapi tidak pernah ditemukan Aries yang menyesal mengambil tindakan. Aries menyukai terjun langsung dalam proses. Ia tidak suka duduk manis menunggu. Ia tidak suka penundaan. Dan ini juga berarti bahwa ia sedikit tidak sabar dengan orang-orang yang lamban bekerja.

Tekad dan keberanian. Tekad dan keberanian membawa Aries menjadi pelopor, pertama. Aries orang yang berani dan agresif. Ia tidak akan menghindari hal-hal baru dan tidak akan takut melangkah ke medan baru. Tantangan yang selalu melekat dalam menapaki sesuatu yang ‘unknown’ merupakan surga di bumi untuk Rams. Fajar hari yang baru – dan semua kemungkinan  yang ada- adalah berkah sejati seorang Aries.

Bebas dan Mandiri. Aries mandiri dan memiliki kebebasan berekspresi dalam segala hal yang ia lakukan. Kecintaannya pada kebebasan berarti bahwa ia menginginkan ruang untuk mewujudkan pekerjaannya, dengan caranya sendiri. Aries adalah pecinta kebebasan, itulah mengapa ia menyukai petualangan.

Kompetitif. Dengan lingkaran energy yang melekat pada dirinya membuat Aries berjiwa kompetitif. Sifat kompetitif mereka memastikan bahwa mereka akan bermain dengan semangat dan kekuatan.

Kehidupan dan kesehatan Aries…

Aries bermain sekeras mereka bekerja: work hard play hard!

Kesehatan Aries. Dengan Aries yang mengatur kepala, wajah dan otak, mereka yang lahir di bawah tanda ini perlu waspada terhadap sakit kepala dan disarankan untuk mengolah pernafasan.

 

Aries dalam pandangan

Yang positif: 

Kau hidup, energik dan berani, dan juga pejuang. Kau suka bertualang dan menjelajah dunia. Kau pelopor dan memiliki kemampuan untuk memimpin. Kau punya kemandirian dan kebebasan berekspresi

Yang negatif:

Dengan segenap kemampuan inisiatif, keberanian dan kepeloporannya, Aries kadang tampak mendominasi dan tampak arogan dalam mengambil langkah.

….kelihatannya seperti itu, namun segera anda akan tahu bahwa itulah satu-satunya jalan.

Pendekatan-pendekatan Aries yang kadang terlihat sombong dan mendominasi, perlahan akan bisa dimengerti bahwa memang begitulah, dibutuhkan banyak fokus untuk menjadi pemimpin.

Juga, arogansi kadangkala hanyalah ‘salah kostum’ dari sebuah keyakinan dan kepercayaan diri, jejeje.

Kadang Aries dianggap keras kepala. Tidak ada manfaatnya berdebat dengan mereka, mengingat dalam pikiran mereka, mereka adalah yang pertama. Apakah ini merupakan ego yang tak terkendali? Mungkin. Tapi inilah yang diperlukan dalam merintis jalan baru.

Dan seandainya terjadi perdebatan, Ram yang akan menentukan kata terakhir, jadi hematlah napas Anda!

Anda tak mungkin membujuk Ram untuk melunak, ia lugas dan to the point.

Yang seru dari Aries….

Kau memiliki karakter-karakter berkualitas.

Ups, berkualitas?

Kepeloporan, inisiatif, keberanian, kebebasan, energy dan vitalitas, kemandirian, apakah itu hebat?

Ah itu stadar banget bukan? Itu semua adalah kebutuhan dasar makhluk manusia untuk bisa hidup…..

Eit, tunggu dulu, jangan keburu putus asa

Ada beberapa karakter yang bisa dibaca dari sisi lain. Karena sesungguhnya terkadang sebuah nilai bisa memiliki dua sisi, tergantung dari mana kita melihatnya.

Jiwa kompetitif bisa diartikan sebagai ambisi. Kecepatan bisa diartikan ke-kurang sabar-an. Kegemaran bertualang bisa diartikan ketidak setiaan. Kepeloporan bisa diartikan arogansi. Dan vitalitas bisa dijabar-jabarkan ke dalam ranah yang ‘kurang positif’.

Semua tergantung dari mana orang melihat.

Tapi toh kita juga punya kebebasan ber-persepsi dalam menartikan berbagai pendapat tersebut kan? Maksudnya, dari makna yang timbul dari sudut pandang tertentu tersebut bisa kita balikkan lagi ke dalam ranah yang positif.

Kita merdeka dengan pikiran kita, dan jangan terlalu ambil pusing dengan apa yang dipikirkan orang lain karena (kata pepatah) kebanyakan orang tidak terlalu sering menggunakan otak mereka…..jejeje.

Dan berkaitan dengan itu saya temukan sebuah sisi unik dari Aries, yaitu…..bodoh, tak tahu malu dan terkadang….kurang ajar.

Brash, lustful, brazen, impatient, impetuous, blunt, temperamental….

Wuii………keren bukan?

Adakah yang lebih sexy dari menjadi si bodoh yang penuh ide cemerlang, inisiatif dan pemberani? Hehehe…..

Demikianlah, lambang Ram bisa bisa berarti baik dan buruk. Kekuatan bisa bermakna kekerasan. Keberanian bisa bermakna agresivitas. Kebebasan bisa berarti ambisi. Untuk ini kadangkala orang lebih menginginkan domba sebagai simbol Aries, dan bukannya Ram, karena domba dinilai lebih tenang dan ringan. Sementara Ram? Anda tak mungkin membujuk Ram untuk melunak, ia lugas dan to the point.

 

Aries pun Beragam…

Meskipun berada dalam satu konstelasi perbintangan yang sama, bukan berarti bahwa semua Aries memiliki karakter yang seragam.

Aries yang lahir pada awal zodiac (20 – 30 Maret) didominasi oleh jiwa Mars yang kuat, panas, dan ‘non compromise’. Keren…

Aries yang lahir pada pertengahan zodiac (1 – 10 April) memiliki perpaduan kekuatan Mars dan kelembutan venus, berpadu menjadi sosok yang hangat, anggun dan mempesona. Ehm….sexy…

Aries yang lahir di akhir zodiac (10 – 20 April) jiwa mars yang panas mungkin sudah banyak dinetralisir oleh venus yang lebih lembut. Yuhui…..

Yang patut direnungkan oleh Aries

 Ada beberapa hal yang perlu direnungkan oleh seorang Aries. Saya garis bawahi kata direnungkan di sini, karena Aries bukan tipe orang yang suka dinasihati atau disuruh….Tapi ia punya intuisi yang cukup tajam untuk melihat.

The purpose of ur live?

Melihat karakter yang melekat pada jiwa Aries, semestinyalah ia mampu berfikir apa yang menjadi takdir kemanusiaannya. Tuhan tidak akan menyertakan berbagai karakter tertentu tanpa maksud dan tujuan tertentu pula.

Denagn karakter itu, mustinya ia diilhami oleh mimpi yang besar. Coba deh lihat ke diri sendiri. Apa yang bisa dan mungkin kau lakukan. Berhenti berfikir ‘hanya untuk diri sendiri’. Energimu terlalu besar hanya untuk memenuhi ambisi dan tujuan pribadimu.

Ketika kebanyakan orang berfikir bagaimana untuk bisa hidup dengan standard yang ditentukan oleh lingkungan, ketika mereka bergulat dalam mencari dan mengumpulkan parameter2 kesuksesan…..Aries (mustinya) tidak termasuk di dalamnya.

Ada sebuah nilai mulia yang menjadi tujuan penciptaan secara universal. Yang perlu diwujudkan dengan segenap karakter yang pernah diciptakan oleh Tuhan yang maha baik. DAn semestinyalah Aries menempatkan diri dalam jajaran yang mengarah pada satu tujuan universal tersebut. Dengan cara memberi, mengalirkan energy yang dititipkan Tuhan lewat dirinya.

Ah males ah nulis lagi…kayaknya dulu sekali aku pernah nulis deh yg kayak ginian. Dulu banget, saat masih awal-awal punya blog ini. Tahun 2008.

Ah ya, ketemu ini dia link-nya: https://nureldaya.wordpress.com/2008/02/05/menapak-2008/

Itu mengingatkan diri sendiri, ihik hampir terlupa, terlalu sibuk dengan ‘permainan baru’….

Eh, tapi kok jadi pingin nulis tentang hisab karbon ya?

Sebuah impian untuk menulis tentang efisiensi kemanusiaan kita. Bagaimana menjadi manusia yang efisien. Sebagaimana kita mengukur efisiensi sebuah mesin yaitu berdasarkan hukum termodinamika, mengukur efisiensi diri dengan mengukur energy (berupa karbon) yang kita gunakan dalam hidup kita, dibandingkan dengan output yang bisa kita hasilkan yang bermanfaat bagi atmosfer kita.
Ihik, pingin banget, tapi apadaya…otak gak nyampe (bukan kalimat gw banget).
Okay, lanjut dulu….

Yang pertama, tidak selalu yang terakhir….

Dengan kekuatan karakternya, seakan kejayaan ada di genggaman tangan. Apakah Aries akan berada dalam mahkota dan kemegahan sebuah kemenangan?

Sayangnya tidak begitu. Seringkali tidak begitu. Ia tidak ada ketika kemenangan dikumandangkan, ketika mahkota kejayaan dikalungkan.

Mengapa? Bukan karena kalah, akan tetapi karena ia telah melesat ke medan yang lain. Ia adalah perintis, pejuang dan pemain, tapi…. ia melesat ke medan yang lain sebelum yang pertama selesai, ihik!)

Renungan: jangan berapologi dengan mengatakan bahwa kau hadiahkan kemenangan untuk yang lain, karena ini bisa berarti bahwa kau lebih suka mengawali daripada menuntaskan…..Ups!

Memperbaiki dan memperindah…

Ada lagi banyak hal yang perlu dipelajari dan direnungkan bagi seorang Aries untuk bisa tampil lebih anggun dan sejuk…..

Dengan kesadaran bahwa setiap diri adalah bagian dari semesta. Walo memang ada yang namanya selfish gene, yang bisa survive bukan karena ia the fittest, tapi lebih karena meiotic drive yang membawa pada survival for the luckiest. Tapi itu tidak bisa dijadikan pedoman, karena miracle is determined by the rare and the uniqueness.

JAdi menyadari diri sebagai sebuah system yang merupakan elemen dari sebuah system yang lebih besar adalah wajib, dan menjadi yang seindah-indahnya element adalah takdir kehidupannya.

Aih bosen nulis…..dilanjut kapan2 deh. .J….a….n..j….i..

Janji..

Aries dan Gue

 Saya lebih suka menggunakan kata pelopor instead of pemimpin. Pelopor menunjukkan gabungan dari ide, inisiatif, tekad, kebebasan, keberanian, perjuangan dan keuletan (bukan ulet bulu).

Sementara term ‘pemimpin’ rasanya agak lain.

Mungkin karena terpengaruh oleh suasana, jadi term ‘pemimpin’ terkesan tidak jauh beda dengan ‘penguasa’ atau jajaran penguasa, bahkan jangan-jangan sudah disamakan…?

So, gue lebih nyaman dengan term pelopor.

Lagian kata pelopor lebih menunjukkan aksi inisiatif dan karya nyata dari pada pemimpin. Seseorang bisa saja –secara pasif- ditunjuk atau dipilih untuk memimpin sebuah kelompok, tetapi pelopor lahir bersama bukti sebuah karya nyata.

Jadi pelopor itu lebih…sexy!

Dinamis?

Kalo dibilang Aries gak bisa duduk diem dan selalu ingin ikut terjun dalam proses , mungkin ada benernya. Saya sulit sekali berada dalam keadaan pasif berlama-lama. Saat kuliah atau seminar yang kurang menarik saya mudah terpengaruh antara dua pilihan: mengkhayal atau tidur. Sekarang gw punya alasan mengapa gw ngantukan: karena gw orang Aries.

Impatient. Saya juga menyadari kadangkala (kadang-kala lho) gw terlalu strick dan tidak sabaran. Beberapa hari lalu saya sempet ketus sama cowok-cowokku (contract worker=buruh) yang tak melakukan apa di ruang teknisi. Gw bilang mereka mustinya bisa ngitung anakan atau ngukur panicle length.  Dan mereka sudah memulai ngitung panikle ketika kemudian asisten teknisiku bilang bahwa mereka baru saja selesai njemur tanaman di green house. Ups, I feel so guilty.

Sombong? Ah masa sih? Mm…apa iya yah? Ah, uh….

Ulet? Ih masak dibilang ulet sih? Lihat ulet aja takut (apalagi ulet bulu), kok malah disamain? berani lo ya….!

Work hard play hard? Kayaknya iya. But wait, ini bukan berarti suka kerja angkut2 beras dan mainnya lempar-lemparan barbel kan?

Want thing’s happen. Ryt!

Berani? Asal gak ada hantu loh…

Kapan juga deh kita lanjut…….

Kayaknya gw harus belajar buat compre deh….

Terinspirasi oleh Ram

Los Banos,

Mulai 2 April 2013 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s