Jiwa sehat dan tubuh kuat

Sakit lagi.

Kali ini sakitnya beda.

Bermula dari sejak acara Idul Adha lalu. Sehabis acara benah2 daging kurban saya ikutan acara kumpul bareng teman-teman di Pansol. sebuah resort yang dilengkapi kolam renang air panas.

Mungkin terlalu malam berenang. Mungkin terlalu capek. Mungkin karena minum air kolam yang kotor. mungkin karena banyak hal lainnya….keesokan harinya terasa gejala sakit tenggorokan dan sedikit pilek.  Lalu hari berikutnya saya periksa ke klinik dan diberi obat untuk radang tenggorokan serta resep untuk beli vitamin c (ascorbic acid). Sejak dari itu saya rasanya masih oke-oke saja, dalam artian gak sembuh2 amat tapi juga gak ngerasa gejala sakit yang lain.

Tapi kemudian……

Hidupku, hari-hariku terasa gak utuh lagi….

Jiwa-raga-mental-pikir-hati-otak…..serentak berjalan menyimpang. Dunia terasa sangat tidak bersahabat. Matahari keras membakar atau tertupup mendung yang menyerupai monster. Menyelimuti…merubah manusia-manusia menjadi monster. Dan aku menjadi monster. Sampai tak berani lagi bercermin…..karena aku pasti akan histeris.

Dan tubuhku menjadi error. Jiwa yang sehat membentuk tubuh yang kuat, begitulah kata pepatah.

Ku merasai itu. Emosiku yang akhir-akhir ini tak stabil.  Hati dan pikiran yang dihinggapi banyak prasangka. Ghibah. Rasa gak suka, curiga dan prasangka…..melahirkan sikap-sikap yang jauh dari keindahan.

Bahkan untuk sekedar bicara yang indah pun tak ada.

(Biasanya mah walopun hati dan pikiran tak sejalan, tapi kalau bicara diusahakan yang baik-baik…..karena beranggapan – dan berharap- dengan membiasakan berkata yang baik nanti pelan-pelan akan membantu  hati dan pikiran kepada yang baik pula membawa pada sikap dan perbuatan yang juga baik dan terpuji….)

Tapi kali ini memang lagi error. Tidak toleran dan mencari-cari kesalahan orang lain, menimpakan kesalahan pada mereka.

Saya tahu. Kalo kita sudah mulai menyalahkan orang lain atas kegagalan kita, itu pertanda jiwa kita memang sakit. Dan begitulah diriku alkhir-akhir ini….

Berbagai macam apologi saya kemukakan sudah, seperti:

Saya sih sebenarnya nggak peduli, tapi mbok ya….

Atau, memberi kepada orang yang kurang sih mudah, tapi kalo kepada yang lebih mampu kan gak seharusnya….(padahal memang setiap manusia ada tahapnya masing2: ada orang yang secara ekonomi masih dibawah tapi sudah mencapai derajat dan kapasitas sebagai ‘pemberi’, tapi adakalanya orang yang secara ekonomi berlebih tapi masih berada dalam strata sebagai ‘peminta’). Halah sudah tahu gitu juga masih elum nyadar….Tahu sama sadar beda ya……

Atau kadang menggunakan kalimat-kalimat manis saat berghibah, seperti: …dia kan selalu mendapatkan yang diinginkan, dan belum pernah tersakiti, jadi tidak tahu yang namanya kecewa dan terluka…(padahal dalam hatiku berkata, “dia itu tega banget…..bersenang-senang di atas penderitaan orang lain….gak berperasaan….)

Dan masih banyak-banyak lagi. Banyak  langkah yang miring. Pada hati maupun pikiran……dan itu membuat sakit. Dari sakit jiwa menjadi sakit badan, sakit tubuh.

Ada teman bilang saya terlalu capek dan perlu istirahat. Tapi aku memang lagi sakit. Jadi dari ungkapan itupun saya bisa salah mengerti.

Kemarin sudah ke klinik lagi, diperiksa darah dan diberi obat dan antibiotik. Saya ikuti nasehat dokter. Tapi saya tahu bahwa saya harus juga menyembuhkan sakit jiwaku…..

Menggali kembali segenap sumber error dari sakit jiwaku. Begitu banyak salah dan khilaf. Juga dosa. dan semua harus mulai kukikis satu persatu, perlahan-lahan….memohon kepada Allah, Tuhan semesta alam.

Semoga Allah anugerahkan kesehatan kepada jiwa raga ini, dan memampukan diri ini untuk kembali berjalan…menjalani takdir kehidupan ini…dengan sebaik-baiknya; dengan penuh semangat dan suka cita.

Semoga masih ada kesempatan untuk menjadi lebih baik, lebih indah dalam ridlo-Nya.

Amin.

LB< saat sakit menyapa….

LB 29Nov2011

Tinggalkan Balasan

