Nyeri haid …..oh sumilangeun . . . .

Entah kenapa sekarang jadi lebih sering mengalami nyeri haid.

Padahal dulu jarang lho…..

 

Dan kalo nyeri haid ato sumilangeun itu datang, wow…..!!!! rasanya ..ss..ss…ssa…ssa…kkk..kkittt…..buanget!

Gue pasti langsung mules-mules + diare + panas dingin + isi perut serasa dikeruk-keruk….hoa..hoah!

Biasanya gue langsung menuju kamar mandi, diare habis, dan gak tahu apa lagi…..

Bumi rasanya sempit banget: yang dirasa cuma derita perut: gak ingat lagi mana barat, mana timur, mana utara ato selatan.

Gak peduli lagi dimana, sama siapa…

Biasanya langsung bergulingan di tempat tidur menahan nyeri. Kalo segera diatasi itu bisa berlangsung hanya 10 menit, tapi kalo gak segera diatasi bisa berkepanjangan, woa…….

Mengatasinya?

Biasanya gue langsung minta teh panas untuk diminum dan air panas (dalambotol) untuk memanasi perut, plus segala minyak angin dan balsem, berselimut tabal, …….dan menggulung diri di tempat tidur. So dalam kondisi semacam ini kita musti punya teman….

Tapi gak setiap saat kita punya teman kan?

Nah saat gak ada temen, gimana? Ya minta bantuan sapa aja, dengan segala cara, hehe:

1. Saat masih karyawan baru di kantor (belum punya temen,belum kenal orang), dulu saya terkapar di mushola menahan sakit, dan karena tak tahan, gue telepon Teh Rina, bag. administrasi kami. Tengkiyu Teteh…..

2. Saat pertama datang ke IRRI tahun 2008/2009 pagi2 buta jam 04. am saya kenasumilangen….untung gue punya no telp tetangga kamar gue. Gue telepon Chan (temen baik dari Laos). Dan dia mengurusi minumku dan mempersiapkan air panas buat perutku; Thanks, Chan….

3. Saat di Taiwan, gue kena sumilangeun ringan. Saat itu kita sedang field trip; dan gue meski sudah minum obat tetep cukup menderita. Hayyah….

4. Saat bulan kemarin (Juni) saya lembur kerja hari Sabtu. Enaknya lembur kerja saat haid adalah karena kita gakperlu pulang balik untuk sholat. Gue bisa seharian di kantor.

Tapi lain kejadiannya saat itu. Gue lembur di hari ke-dua.  Gue datang pake bis jam 9 pagi.Rencana mo seharian di kantor. Tapi apa dikata jam 11 an mulai terasa mulas…. Oke deh, aku putuskan untuk sampe jam 12 aja, dan gue bisa pulang pake bis jam12. Tapi ternyata sakit di perutku gakmau kompromi. Muali mules…les…les…. Ayo, tunggu sebentar lagi! 10 menit lagi bis datang….tapi oh….mana gak ada orang lagi….

O…ada orang di ruang sebelah.

Oke, akhirnya gue datang di ibu itu dan minta tolong untuk memanggil seseorang (siapa saja) yang bisa membawa saya pulang ke rumah.

Dan dia menelepon emergency division. (biasanya orang nelpon emergency kalo ada bahaya di Laboratorium ato di lift). Oke gak masalah, gue gakpeduli yang penting pulang…..!

Dan kemudian mobil dari emergency datang. Sebuah mobil sedan biasa (untung gak pake mobil pemadamkebakaran,hehe!). Dan gua langsung masuk, minta ac-nya dimatikan, dan dudukmelungker di jok bel;akang. Si driver menawariku untuk langsung ke rumah sakit saja, but I said no. Aku cuma butuh air panas, selimut, balsem dan tetek bengekku untuk ritual sakitku, hehe.

Sejak saat itu gue mulai berfikir untuk menyimpan persediaan obat. TApi dimana disini carinya?

Uf, untung ada teman yang mo pergi ke Indonesia. Ainara, temen dari Spanyol, ada kerjaan selama dua minggu di Yogyakarta. Dan dia membelikanku 10 pack Feminax. Tengkiyu Ainara…..

 

Hahaha=======

LB, 22 Juli 2011

3 Comments

  1. putriku kemarin smp pingsan😦 sebenarnya ada resep, mungkin kelihatan agak ribet tp ya ga jg sih.q dl suka masak buat istriku kl dia lg dapet.resepnya : ayam 1 ekor ato cm ati ampela jg blh, 1/2kg. angkak 1st, jahe 1 ibu jari iris, arak putih 2sendok sup, garam 1st, sedikit merica bubuk boleh dan bumbu penyedap. panaskan air kira 1lt smp mendidih, masukkan jahe, garam dan ayam/ati ampela.kl mendidih, kecilkan api. masukkan angkak, biarkan sekitar 10 menit. terakhir masukkan arak. begitu arak masuk air dlm keadaan mendidih hrs lsg dikecilkan. biarkan sekitar 10-15 menit dg api yg kecil sekali dan ditutup rapat. uap yg tertampung di tutuppanci jgn dibuang tp dimasukkan lg ke dlm sup tsb.usahakan uap yg klr jgn terlalu byk.
    NB : mungkin bg sebagian ada yg menganggap haram dg pemakaian arak. disini fungsinya adalah utk pengobatan. lagipula, arak setelah dimasak tidak memabukkan lg krn alkoholnya sudah menguap. arak yg digunakan adalah arak yg benar2 hasil penyulingan dr fermentasi beras, biasanya ada di toko obat cina ato toko alat2 sembahyang org cina. jgn pake ciu ato yg sejenisnya krn kdg dicampur dg spiritus yg mengandung methanol, yg notabene adalah racun. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

