Renang bareng Butanding (paus), meloncat2 pulau Caramoan…dsb.

Liburang panjang selama holyweek.

Aha, ada liburan hollyweek segala. Empat hari; lumayan. Dari April 21 sampe April 24.

Eh kebetulan ada tawaran wisata bersama dari Afstri (asosiasinya para schollar, para magang kerja dan para saintist di IRRI). Jadi deh ikut….

Hari1: berangkat dari Los Banos jam 4.30. Agak molor juga sih….akhirnya jam 4.45-an bis baru meninggalkan kampus IRRI. Bis berjalan perlahan. Di sini jarang ada bis/mobil jalan banter, apalagi ngebut. Jalannya ya cuma standard2 aja….. Berhenti sarapan di Jollibee. Makan siang di…mana ya (lupa).  Kita berkendara menuju Naga –> terus ke Bicol/Donsol.IMG_0733

Sore jam 5-an kita tibalah di Bicol/Donsol. Nyewa beberapa vila. Lumayan

jelek, tapi tampaknya itu sudah termasuk bagus untuk standard di sini. Malemnya, sebelum makan malam kita keluar untuk melihatan pertunjukan kunang-kunang. Dengan bis kita meluncur menuju jembata dimana beberapa perahu sudah menunggu. Biaya perahu PHP 250 (sekitar 50 ribuan). Dengan perahu yang memuat 5 orang peserta (dibatasi hanya boleh 5 orang per perahu) ditambah 1 pemandu dan 2 awak perahu….kita menyusuri sungai (sungai apa ya….). Dan setelah beberapa menit berjalan mulai tampaklah para kunang2 itu. Beribu kunang bergerombol dalam sebuah pohon (sepertinya mereka menyukai pohon2 tertentu). Karena jumlanya yang banyak maka pendaran itu terlihat cantik….seperti pohon api. Dari satu pohon kita berjalan lagi…menyusuri sungai…mencari koloni kunang2 yang lain. Kunang2 itu terlihat begitu indah ….tapi tidak bisa difoto, hehe….

Selesai melihat parade kunang2 kita pulang menuju penginapan dalam keadaan lapar….banget. Sebelum berangkat tadi masing2 kita sudah pesan makan malam yang kita inginkan. Ternyata sesampai di penginapan…makanan kita belum siap. Kya…..!!!! Dan kami menunggu…menunggu…satu persatu ada yang sudah dapet, banyak yang belum….luambat..ttt…tt buangett..tt..t. BAhkan ada yang dapet pesanannya pada jam 10 lebih; ampyun deh!

Hari2: Renang sama paus…..(ikan paus, bukan pa..us…tadz –minjam komentar temen saya). Kita rencananya mo ngelihat paus pagi hari. Jadi pagi2 habis makan pagi kita jalan menuju pantai….(hm…kenapa gak pake bus aja sehhh?). DAn sesampe di pantai, ternyata jadwalnya untuk pagi itu sudah penuh….Wua….Dan jadwal berikutnya adalah siang jam 1 Woa….!.

Tapi gimana lagi? Gak ada pilihan lain.

Dan jam 1 pun tibalah. Kita dibagi2 dalam beberapa perahu. 6 orang setiap perahu, satu pemandu, dua awak perahu. Kita meluncur menuju laut …Yahui…..

Di perahu kita diberi sedikit arahan bahwa nanti begitu si paus muncul makan kita langsung siap meluncur berenang. Yap. Dari kita berenam, hanya ada 3 peralatan kacamata air dan snorkeling. Jadi kita harus gantian. Oke deh. ..

Hey…siap2 ada paus…grup pertama yang turun adalah Jedi, Richard dan Manish. Mereka turun…berenang…dan bertemu dengan si paus di bawahnya. Hanya sekilas, tapi kayaknya asyik banget.

Sekarang giliranku, Dipti dan Judit. Siap-siap….yak, kita segera meluncur mengikuti pemandu, melihat di bawah sana….sayang, aku gak ngelihat adanya tanda2 atu jejak si paus (emang kalo di laut jejaknya kayak apa?). Karena aku gak lihat maka giliran berikutnya masih kita bertiga…dan akhirnya, kita pun bisa melihat si Butanding, alias si paus,…melihat spot2 tubuhnya berenang di bawah kita….cuma sebentar, tapi asyik!

Dan berikutnya kita saling bergantian turun. Masing2 kami dapat melihatnya sebanyak 3 kali….asyik.

Dan setelah itu …sementara pemandu kami makan siang di perahu; kami dibiarkan berenag. Hm…asyik banget. Gak pernah kepikir bisa tidur di laut lepas…memandang langit luas membiru di atas….Oo..sebuah nuansa yang sungguh mengesankan.

IMG_0123 IMG_0168 IMG_0148

Tapi kemudian kita harus pulang. hampir 3 jam. Ya kita harus meneruskan perjalanan menuju tempat lain….

Tempat berikutnya yang kita tuju adalah sebuah bukit di dekat Mayon Volcano, sebuah gunung berapi yang masih aktif. Kita melihat sisa puing gereja. Lumayan cantik lah. Dan disitu banyak dijual banrang2 kerajinan dan oleh2…gak terlalu mahal sih, tapi mo buat apa? Eh tapi aku beli kaos, tempat tisyu, dompet dan makanan2…hehehe…dasar wanita!

Malam kita sampe di Naga, kita menginap di CBD hotel (di kelas ekonomi tentu). Lumayan bagus….biaya sewanya hanya sekitar 600 peso (120 ribuan). Tapi kita cuma tinggal untuk isitirahat tidur sebentar doang….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s