Selamat Ied Al Fitr

Tadi malam, ketika tengah menikmati dendang lagu romantis Middle East sambil mengangumi kecantikan perempuan2 Iran dari sebuah video pesta pernikahan keluarga seorang teman, mendadak ada sms menyatakan bahwa besok (maksudnya hari ini, Selasa 30 Oktober) adalah Idl Fitr di Filipina.

Dan sontak saya dan Atefeh (temen dari Iran) berpandangan dan berteriak

‘” Ye…..!!!!!”.

Dan setelah itu kita sama2 geli sambil saling pandang,”Are you a moslem?”

Begitulah.

Mungkin karena keterbatasan diri menghayati ramadhan, dan tersedianya kondisi yang kurang mendukung (Hm, bagus juga buat dijadikan kambing hitam), maka kehadiran hari raya tanpa kami sadari telah menjadi sebuah kabar gembira.

Jadilah hari ini, Selasa 30 Okt, saya sudah melaksanakan shalat Idul fitri. Mungkin tampak terlalu awal, karena kebanyakan negara di dunia melaksanakannya besok. Juga Indonesia. Biarlah saya hanya mengikut saja apa yang diputuskan oleh otoritas keagamaan terdekat.

Tidak ada perbedaan pendapat mengenai hari di sini, mungkin karena sangat sedikitnya umat muslim. Jadi semua ya sepakat saja dengan otoritas terdekat. Emang kalo tidak sependapat trus mau menggelar sholat sendiri pa? dimana?. Jadi mungkin ini sisi baiknya dari sebuah komunitas kecil, yaitu friksi yang terjadi pun juga kecil.

Saya berangkat sholat Id bersama Atefeh dan dijemput oleh keluarga Mbak Septi. Menjalankan sholat berjamaah di sebuah masjid yang cukup mungil di sebuah jalan kecil di daerah Umali yang ‘mungkin’ merupakan satu-satunya Masjid di Los Banos. Yah sangat mungkin ini adalah satu-satunya masjid di Los Banos, karena mayoritas penduduk adalah roman Katholic. Dan Masjid kecil itupun terisi oleh kebanyakan (mungkin, gak tahu jelasnya) foreigner. Dan kebanyakan pengurusnyapun para mahasiswa Indonesia. Salut buat teman2 UPLB deh!

Merayakan lebaran di sini tentu saja sangat berbeda dengan di kampung yang serba meriah dan full of fun. Seusai shalat berjamaah kita saling berjabat tangan, “Iedl Fitr Mubarak, Iedl Fitr Mubarak!”.

Hm, ada bingkisan nasi. Kita ambil, berbasa-basi dengan beberapa kenalan sebentar, dan kemudian pulang. Dan pergi ke kantor dan laboratorium untuk memulai lagi rutinitas kerja.

Ied al Fitr Mubarac Nurl, start your new life!

Dan saat ini aku sempatkan untuk menuliskannya, dan mengucapkan Ied al Fitr Mubarak,  terutama buat gue sendiri, dan buat semua yang sempet mampir kesini.

Ada sebuah langkah yang samar kupijak di hari baru ini, untuk menjadi semesta dalam sebuah sisi hidupku.

Betapapun sakit dan perihnya. Karena segenap kegetiran akan terasa manis kalau kita persembahkan untuk….CINTA.

Selalu bersuka cita atas segala rasa yang dianugerahkan Allah kepada segenap makhluknya.

Demikian,

Salam damai, kasih, cinta, semnagat, gairah, tulus, ridha, hangat ,sejuk, segar , sukacita!

Salam nano-nano,

Salam segala rasa,

Salam maha salam

Alhamdulillah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s